Sunday, September 27, 2020
Home > Info > Pusat Penyebaran Virus Covid-19 Yang Perlu Disadari

Pusat Penyebaran Virus Covid-19 Yang Perlu Disadari

tempat penyebarn covid 19

Kelonggaran dalam memberlakukan sebuah aturan membuat penyebaran virus covid-19 terus berlangsung. Ini dibuktikan dengan data yang menjelaskan adanya pertambahan kasus setiap harinya.

Penambahan kasus diperparah dengan kurangnya kesadaran dari diri masyarakat. Misalnya dengan masih adanya tindakan mengabaikan protocol kesehatan. Tak pelak, keinginan untuk memutus rantai virus belum bisa terwujud.

Pemutusan rantai wabah ini tampaknya masih cukup sulit. Apalagi, banyak sekali tempat yang menjadi pusat penyebaran di sekitar Anda. Sayangnya, sebagian besar masyarakat malah mengunjunginya. Di antara tempat yang berisiko sebagai pusat penyebaran virus covid-19 adalah sebagai berikut.

4 Tempat Penyebaran Covid-19 yang Perlu Dihindari

Berbagai Tempat Wisata

Berdiam di rumah menimbulkan kejenuhan. Apalagi, durasinya tidak bisa dipastikan. Padahal, hasrat untuk liburan cukup tinggi.

Liburan bisa sedikit meringankan beban pikiran. Kekalutan atau kekhawatiran akan sesuatu ingin dihilangkan. Oleh karenanya, tidak sedikit dari masyarakat telah memberanikan diri untuk berlibur.

Keinginan ini juga disambut oleh pemilik tempat wisata. Faktanya, destinasi wisata mulai dibuka secara perlahan. Tentunya dengan mengikuti sejumlah aturan tentang keamanan.

Walaupun sudah menerapkan tingkat keamanan tinggi, bukan tak mungkin jika tempatnya terbebas dari virus. Penyebabnya ialah sebagian orang bertindak sebagai pembawa virus. Misalnya dibawa dari tempat rawan.

Virus yang terbawa tentunya tidak bisa dideteksi secara langsung. Butuh waktu beberapa hari sampai orang merasakan gejalanya.

Masalahnya, virus ini terus berkembang. Kemudian berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Yakni melalui perantara benda yang dibawanya. Contohnya adalah alat pembayaran dan lain sebagainya.

Gedung Perkantoran

Gedung perkantoran juga mulai dibuka. Hampir setiap perusahaan mulai menarik karyawannya. Tujuannya supaya roda perekonomian jalan kembali.

Di balik itu, ancaman terhadap penularan virus cukup serius. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dengan mengenali siapa saja yang positif atau negative virus. Contohnya dengan mengidentifikasinya melalui aplikasi buatan Achiko.

Nah, beberapa area perkantoran yang dipercaya telah dimasuki virus cukup banyak. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Toilet

penyebaran virus corona

Toilet kantor tentu saja digunakan oleh hampir setiap orang. Area ini juga memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi. Artinya, areanya memungkinkan untuk ditinggali oleh virus.

Toilet juga menjadi sumber penyebaran yang terkadang tidak disadari. Ketika seseorang menyiramnya, berbagai partikel akan beterbangan. Partikel ini bisa terbang hingga mencapai 1 meteran.

Kemungkinan tercium atau terhirup oleh hidung sangat besar. Dan bila partikel ini mengandung virus, seseorang berisiko tertular. Meskipun gejalanya akan dirasakan beberapa hari kedepan.

  1. Lift

Lift merupakan area yang tertutup. Tertutupnya ruangan menjadikan virus terkonsentrasi. Dengan catatan bahwa pernah ada kejadian yang mana mengindikasikan adanya covid 19.

Begitu pula, tetap ada kemungkinan jika virus dapat berpindah ke area tersebut. Khususnya berawal dari pembawa yang masuk ke dalamnya. Artinya, seseorang membawanya dari luar dan masuk lift.

Kebanyakan, benda yang paling sering disentuh adalah tombolnya. Tombol inilah yang akan memindahkan virus ke tangan orang lain. Kemudian, muncullah infeksi ketika seseorang tidak memiliki ketahanan tubuh yang kuat.

  1. Pegangan Pintu

Hampir sama dengan tombol lift, pegangan pintu juga sangat rawan untuk ditempeli dengan virus. Pasalnya, pegangan ini dimungkinan untuk disentuh puluhan hingga ratusan orang.

Sentuhan berulang membuat banyak orang terindikasi terkena serangan. Tentunya, ini tidak sepenuhnya benar. Hanya sebatas dugaan lantaran setiap perusahaan tentunya sudah menerapkan tindakan pencegahan.

Di antara tindakannya adalah dengan menyediakan tempat untuk pengetesan suhu badan. Bahkan, setiap orang baru diperbolehkan masuk sehabis cuci tangan atau semprot hand sanitizer.

  1. Mesin Pembuat Kopi

Perlengkapan dalam kantor juga tidak luput dari dugaan atas penularan penyakit. Salah satunya adalah mesin untuk pembuat kopi.

Alasannya sangat masuk akal. Peralatan tersebut lebih sering digunakan. Bahkan oleh hampir setiap orang yang berada dalam kantor.

Tetapi, masalah ini sebenarnya bisa dihindari. Tentunya dengan rutin dalam menjaga kebersihannya. Contohnya ialah dengan mencucinya.

Intinya, setiap benda yang digunakan bersama sangat rentan terhadap virus. Anda selaku pengguna harusnya lebih bijak. Gunakan seperlunya, serta rutinlah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakannya.

Sarana Transportasi Umum

Penyebaran virus corona paling rawan ialah pada transportasi umum. Pengendaliannya cukup merepotkan. Bahkan bisa dibilang bahwa inilah yang cukup banyak dalam menyumbang penularan.

Penyebabnya tidak lain dikarenakan oleh penggunanya berasal dari berbagai kalangan. Baik itu orang sehat maupun penderita.

Memang perkiraan ini tidak sepenuhnya benar. Tetapi, transportasi umum memang sering masuk ke seluruh kawasan. Artinya, tingkat keamanan dari virus cukup kecil.

Melihat kondisi semacam ini, harusnya Anda lebih cermat dalam memilih sarana transportasi. Ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Pemanfaatan kendaraan pribadi memungkinkan Anda terjaga dari sejumlah masalah. Pasalnya, Anda mengetahui secara pasti terkait kondisi kendaraan. Bahkan hampir tidak mungkin jika kendaraan ini pernah ditumpangi oleh pengidap.

Pusat Perbelanjaan

Meskipun pusat perbelanjaan telah disediakan pengamanan ekstra ketat, bukan berarti tempat ini memang steril. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai tempat.

Masalahnya, tidak semua pengunjung menerapkan protocol kesehatan dengan disiplin. Karena masih ada yang cenderung mengabaikannya.

Tindakan ini jelas akan merugikan orang lain. Ketika ada salah satu yang terpapar, sebagian besar pengunjung juga bakal mengalaminya. Tergantung pada bagaimana pengunjung menjaga kebersihan setelah berada di pusat perbelanjaan.

Sebagai tindakan preventif, disiplinkan diri untuk mengenakan masker dan jaga jarak. Selain itu, bekali diri dengan aplikasi TemanSehat. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengidentifikasi siapa saja yang terpapar sebelumnya.

Itulah beberapa tempat yang mana cukup rentan terhadap penyebaran virus covid-19. Sadari dan terapkan budaya bersih, maka Anda bisa meminimalkan risiko terpapar.

Zen
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
https://modalkita.com