Monday, December 4, 2017
Home > Pinjaman > Tren Pinjaman Uang Online, Benarkah Marak Penipuan?

Tren Pinjaman Uang Online, Benarkah Marak Penipuan?

kredit tanpa agunan

Dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, melakukan apapun terasa lebih mudah. Tak terkecuali dalam dunia perbankan dan finansial. Memanfaatkan teknologi terkini, setiap lembaga finansial mulai berlomba-lomba menciptakan produk finansial digital yang memudahkan siapa pun untuk mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Salah satu tren yang mulai marak berkembang adalah pinjaman uang online.

Tanpa perlu keluar rumah, saat ini Anda dapat mengajukan pinjaman uang secara online cepat untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangga maupun personal. Pinjaman online seakan menjadi solusi instan yang dapat memotong jalur panjang untuk meminjam uang. Tidak ada lagi antrian, jangka waktu menunggu yang tidak pasti, dan juga biaya provisi yang terkadang tidak jelas dasarnya.

Akan tetapi, bukan berarti tren pinjaman uang sistem online ini tanpa cela. Adanya kemajuan teknologi terkadang juga menimbulkan hal negatif. Salah satunya adalah lembaga pinjaman uang online bodong yang berusaha menipu Anda demi mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit jumlahnya. Sudah banyak kasus yang mengatasnamakan lembaga pinjaman uang membawa kabur uang milik nasabah. Modusnya pun beragam, mulai dari e-mail palsu yang mengatasnamakan lembaga pinjaman, hingga situs yang mewajibkan Anda untuk mentransfer sejumlah dana sebelum pinjaman cair. Lantas, bagaimana menanggulangi hal tersebut?

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan

kredit tanpa agunan

Berikut Ini 4 Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Secara Online

    1. Ketahui ciri-ciri penipu berkedok pinjaman online

 

Untuk mengetahui jika lembaga tersebut merupakan lembaga resmi untuk pinjaman uang asli atau palsu sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup menyadari beberapa hal berikut ini ketika ditawari pinjaman.

  • Petugas biasanya akan terkesan memaksa Anda untuk segera mengajukan pinjaman.
  • Lembaga pinjaman uang online biasanya tidak mengecek riwayat pinjaman Anda melalui BI Checking dengan dalih sudah percaya dengan Anda.
  • Sebelum pinjaman Anda cair, petugas akan meminta sejumlah uang yang perlu ditransfer ke sebuah rekening, baru pinjaman Anda bisa cair.

Jika 3 hal di atas Anda alami ketika ditawari pinjaman, maka sudah dipastikan jika lembaga tersebut merupakan pinjaman uang online bodong alias berniat untuk menipu Anda.

    1. Cari tahu info sebanyak-banyaknya mengenai mekanisme pinjaman uang online

 

Mencari tahu sebanyak-banyaknya merupakan kunci kesuksesan Anda dalam mendapatkan pinjaman online yang terpercaya. Lazimnya, pinjaman online hanya mengharuskan Anda mengisi sebuah form melalui situs atau aplikasi seluler tanpa adanya embel-embel biaya apapun. Selanjutnya, petugas akan melakukan survei kelayakan ke tempat Anda, sama seperti yang biasa dilakukan oleh lembaga pinjaman konvensional. Setelahnya, aplikasi pinjaman online Anda akan cair tanpa adanya biaya administrasi di awal. Kalaupun ada biaya provisi, biasanya petugas akan menjelaskan regulasi dan besaran biaya yang akan dipotong terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis UKM dengan Modal yang Sangat Terbatas

Selain mekanisme di atas, ada baiknya Anda juga membaca informasi mengenai mekansime dan kelengkapan yang perlu dipenuhi di situs resmi milik perusahaan. Berhati-hatilah jika situs pinjaman uang online tersebut menggunakan blog biasa atau abal-abal! Bisa jadi, lembaga penipu memanfaatkan lembaga finansial ternama untuk mendekati Anda. 

    1. Minta pendapat teman atau saudara

 

Cara lain yang tak kalah ampuhnya untuk terhindar dari pinjaman uang online abal-abal adalah dengan meminta saran dan juga pendapat dari orang terdekat Anda. Biasanya, mereka juga dapat memberikan referensi lembaga finansial terpercaya untuk Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat membandingkan beberapa produk finansial yang ditawarkan. Sehingga, Anda pun dapat menemukan pinjaman yang paling tepat untuk kebutuhan.

Baca juga: Beragam Jenis Promo Menarik Kartu Kredit Bank BNI

Manfaatkan juga jaringan pertemanan Anda untuk dapat mencari tahu jika lembaga pinjaman uang onlinetersebut merupakan lembaga yang telah terverifikasi oleh Bank Indonesia dan OJK atau tidak. Dengan demikian, risiko tertipu lembaga pinjaman uang penipu pun dapat Anda hindari. 

    1. Gunakan situs pembanding produk finansial terpercaya

 

Jika ternyata teman atau saudara Anda juga awam dengan pinjaman online, maka pilihan lain untuk mengetahui lembaga pinjaman uang online terpecaya adalah melalui situs pembanding produk finansial. Contohnya adalah CekAja.com, yang menyediakan teknologi terkini yang memungkinkan Anda untuk mencari tahu perbandingan pinjaman dana cepat serta kredit tanpa agunan dari lembaga terpercaya yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui setiap rincian dari masing-masing produk finansial dengan lebih objektif, karena CekAja merupakan portal penyedia informasi yang netral dan terkini yang mengerti kebutuhan Anda akan informasi pinjaman uang online.

Daftar Lembaga Pinjaman uang online Terpercaya di Indonesia

 

Setelah mengetahui beberapa hal penting sebelum melakukan pinjaman uang online cepat, maka yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kredibilitas dari lembaga pinjaman uang online tersebut. Tidak perlu khawatir, karena CekAja sudah merangkum beberapa lembaga pinjaman uang online terpercaya untuk menunjang informasi yang Anda butuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang serba cepat. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Uangteman

    uangteman
    uangteman

Didirkan oleh Aidil Zulkifli bersama rekan-rekannya sejak tahun 2014, kini Uangteman merupakan salah satu lembaga pinjaman dana online berbasis fintech yang cukup dikenal di Indonesia. Berbeda dengan lembaga perbankan lainnya, Uangteman menyediakan pinjaman kilat untuk nominal hingga Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) dan dijamin akan cair dalam kurun waktu maksimal 2 hari kerja.

Proses untuk melakukan pinjaman uang tunai secara online pun cukup mudah, Anda cukup menyediakan fotokopi data diri berupa KTP, slip gaji, dan juga foto diri terbaru yang harus diunggah bersama dengan formulir pengajuan online, yang seluruhnya dapat Anda akses lewat situs Uangteman. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu dengan manis dan uang yang dibutuhkan segera ditransfer ke rekening Anda.

Sedangkan, untuk sistem pengembalian pinjaman uang online juga cenderung mudah. Anda hanya perlu membayarkan pinjaman tersebut sebanyak 1 (satu) kali berikut dengan biaya layanannya. Perlu And ketahui, biaya layanan untuk Uangteman adalah sebesar 1% per hari. Untuk mengetahui cara pembayaran, Anda cukup login ke dasbor nasabah. Meminjam uang pun tidak perlu ribet lagi.

  1. Kreditcepat

Tidak kalah menariknya, Kreditcepat merupakan lembaga pinjaman dana online yang cukup terpercaya. Jika Uangteman menetapkan nominal pinjaman sampai dengan Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah), maka lembaga pinjaman uang online ini menjanjikan nominal pinjaman hingga Rp 8.000.000,00 (delapan juta rupiah). Akan tetapi, bagi Anda yang merupakan nasabah baru, maka peminjaman maksimal yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah). Nantinya, setelah pinjaman tersebut lunas, Anda diperbolehkan untuk melakukan peminjaman dengan nominal yang lebih tinggi.

Sebelum mendapatkan pinjaman uang online, Anda pun diharuskan membayar uang sejumlah Rp 45.000,00 (empat puluh lima ribu rupiah) yang merupakan biaya verifikasi dan hanya dibayarkan satu kali saja saat peminjaman pertama. Hal ini dilakukan dalam rangka menghindari praktik penipuan dan uang dibawa kabur oleh nasabah. Anda juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 95.000,00 (sembilan puluh lima ribu rupiah) dan bunga sebesar 0,7% per hari. Cukup fair, mengingat Kreditcepat akan menjamin jika pinjaman Anda akan cair dalam kurun waktu maksimal 24 jam.

Sayangnya, untuk dapat menggunakan layanan pinjaman uang online di Kreditcepat, Anda diharuskan berdomisili di DKI Jakarta. Namun, jika di KTP Anda bukan berdomisili di Jakarta, maka pinjaman dapat tetap dilakukan. Asalkan, Anda menetap dan telah bekerja di Ibu Kota.

  1. Kredina

    kredina

Meskipun terbilang cukup baru, Kredina merupakan lembaga pinjaman uang online dengan portofolio yang cukup menarik untuk Anda jadikan referensi. Lembaga pinjaman online ini tidak hanya memungkinkan Anda meminjam saja, tetapi juga mendaftar sebagai investor. Pilihan untuk meminjam juga ada 2, yaitu sebagai perseorangan atau perusahaan. Keuntungan masing-masing jenis nasabah juga berbeda. Bagi perseorangan, maka pinjaman dijamin cepat cair. Sedangkan, bagi perusahaan, jangka waktu peminjaman cenderung lebih lama dan berpotensi mendapatkan fasilitas bunga 0%.

Selain itu, Kredina juga menjamin jika bunga yang dikenakan cukup rendah. Bahkan, lembaga pinjaman uang online ini mengklaim jika bunga yang mereka kenakan 10% lebih rendah dari pinjaman biasa! Meskipun begitu, Anda tetap harus melampirkan beberapa dokumen agar pinjaman Anda dapat disetujui. Yang cukup unik, Kredina akan melakukan diferensiasi bagi tiap-tiap pinjaman, mulai dari kebutuhan biaya pendidikan, renovasi rumah, dan juga modal usaha, dengan limit pinjaman maksimal Rp 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dan pengembalian maksimal selama 30 hari.

Tidak sampai di situ, bagi investor yang ingin berinvestasi di lembaga pinjaman uang online ini, maka uang Anda dijamin aman dan akan dikembalikan berikut dengan bunga setelah nasabah melakukan pembayaran. Bahkan, Kredina juga menerapkan sistem rating penentuan kredit berdasarkan tingkat pendidikan, karir dan pekerjaan, catatan finansial, dan juga pengeluaran dan pemasukan dari nasabah. Sehingga, baik investor dan peminjam akan merasa diuntungkan.

  1. Koinworks

    koinworks

Tidak jauh berbeda dengan Kredina, Koinworks merupakan lembaga pinjaman uang online yang menawarkan solusi cepat bagi Anda yang membutuhkan dana untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis, kesehatan, hingga pendidikan. Tentunya, masing-masing keperluan ini diklasifikasikan masing-masing oleh Koinworks.

Bagi Anda yang memerlukan dana untuk kebutuhan bisnis, maka dapat memilih program “Koin Bisnis” dengan limit pinjaman online minimal sebesar Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dan maksimal Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). Sedangkan, bagi Anda yang membutuhkan dana untuk keperluan kesehatan, dapat memilih “Koin Sehat” dengan limit pinjaman minimal Rp 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah) dan maksimal Rp 100.000.000,00. Untuk kebutuhan dana pendidikan, terdapat “Koin Pintar” yang telah bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan seperti International Design School, Binus Online Learning, Hacktiv8 Programming School, dan masih banyak lagi. Plafon pembiayaan hingga lima ratus juta ini adalah keunggulan dari Koinworks yang membuatnya menarik.

Untuk pengembalian pinjaman uang online tesebut, Anda dapat memilih beberapa durasi, mulai dari 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan. Dengan begitu, Anda masih memiliki waktu untuk bernafas, karena pinjaman tidak langsung dibayarkan sekaligus di bulan yang sama. Bunga yang dikenakan juga cukup rendah, yaitu 0,75% per bulannya.

Hal menarik lain dari lembaga pinjaman uang online ini adalah, Anda juga dapat berinvestasi di sana! Tidak tanggung-tanggung, Anda dapat berinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah lho! Jadi, daripada uang Anda hanya disimpan di bank, menginvestasikannya di Koinworks dapat menjadi alternatif yang menguntungkan.

Jadi, sudah siapkah Anda melakukan pinjaman dana secara online sendiri? Tidak perlu ragu lagi, karena sekarang Anda telah memiliki segala informasi yang dibutuhkan. Jika informasi di atas dirasa masih kurang, Anda juga bisa melakukan perbandingan masing-masing produk lewat CekAja. Selamat mengajukan pinjaman uang online!

Pinjaman Online
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
http://modalkita.com