Tuesday, November 21, 2017
Home > Pinjaman > Inilah Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI dan Jenisnya

Inilah Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI dan Jenisnya

pinjaman bank bri

Saat ini jenis pinjaman semakin banyak dan menyajikan beragam pilihan untuk masyarakat yang memang membutuhkan, karena tidak dapat dipungkiri saat ini keadaan ekonomi negara yang tidak stabil mengakibatkan semakin membengkaknya pengeluaran yang menyebabkan untuk melakukan pinjaman. Berbicara mengenai pinjaman, salah satu jenis pinjaman yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda adalah pinjaman KUR BRI.

KUR sendiri memiliki kepanjangan dari Kredit Usaha Rakyat, sehingga dapat disimpulkan KUR BRI merupakan salah satu jenis pinjaman yang dikeluarkan oleh bank BRI. Program semacam ini sebenarnya program yang ada dari segala jenis bank yang ada di Indonesia, namun kebanyakan dari masyarakat banyak yang menganggap bahwa jenis KUR hanya ada di Bank BRI karena memang BRI menjadi bank terdekat dengan masyarakat. Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis UKM dengan Modal yang Sangat Terbatas

Beberapa Jenis Pinjaman KUR dari bank BRI

  • KUR mikro

Sesuai dengan namanya yakni mikro maka jenis pinjaman yang satu ini untuk pinjaman membuka usaha kecil dengan pinjaman maksimal 25 juta rupiah. Jenis kredit dalam bentuk modal kerja atau KMK untuk jangka waktu 3 tahun, dan Kredit Investasi atau KI dalam jangka 5 tahun. Keuntungannya adalah tidak adanya biaya administrasi dan provisi.

  • KUR ritel

Untuk KUR ritel jenis kredit yang lebih luas lagi yakni besarnya kredit pun jauh lebih besar yakni kisaran 25 hingga 500 juta. KMK dari pinjaman yang satu ini berjangka 4 tahun dan untuk KI selama 5 tahun. Karena memang pinjaman agak besar maka harus disertai adanya agunan sesuai dengan ketentuan dari bank, meskipun sama saja keuntungannya yakni tidak ada biaya administrasi. Suku bunga yang diberlakukan dari pinjaman KUR BRI jenis ini sebesar 9% secara efektif dalam setiap tahunnya.

Baca Juga: Proses Mudah Pengajuan Produk KTA Bank CIMB NIAGA

  • KUR TKI

Besarnya kredit untuk KUR TKI yakni maksimal 25 juta rupiah dan disesuaikan dengan cost structure dari pemerintah, suku bunga dari pinjaman jenis ini yakni 9% setiap tahunnya dan atau setara dengan 0.41% flat setiap bulannya.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman sejenis ini maka harus memenuhi beberapa persyaratan yakni diantaranya sebagai berikut terutama untuk KUR Mikro:

  1. Identitas diri

Penting sekali untuk menyertakan identitas diri berupa KTP karena memang ini merupakan dokumen utama dalam setiap pengajuan apapun, sebab dengan KTP yang jelas maka identitas seseorang akan terlacak dengan mudah.

  1. Legalitas usaha

Bila Anda ingin mengajukan jenis pinjaman BRI yang satu ini juga penting menyertakan legalitas usaha sebagai bentuk bukti bahwa Anda memang memiliki usaha yang legal dan resmi. Bukan jenis usaha yang justru ilegal, sebab hal itu akan diragukan eksistensinya oleh pihak bank.

  1. Surat Ijin Usaha atau SIU

Untuk mendukung bahwa usaha yang Anda jalankan tersebut memang benar-benar legal maka pastikan Anda memiliki Surat Ijin Usaha atau SIU yang bisa dibawa ke bank saat Anda mengajukan pinjaman. Ini akan sangat efektif untuk proses pencairan dana dan verifikasi data, agar pinjaman yang Anda lakukan dapat langsung dipertimbangkan. Baca Juga: Keuntungan Memilih Bank dengan Bunga Pinjaman Terendah

  1. Laporan keuangan,

Bila perlu sertai juga laporan keuangan atau catatan pembukuan keuangan milik usaha Anda, sebab hal ini juga akan menjadi pertimbangan penting bagi pihak bank.

  1. Tanda bukti agunan,

Inilah bukti yang bisa menjadi paling penting dalam mengajukan pinjaman KUR BRI, sebab akan selalu ada persyaratan agunan sesuai aturan bank.

Pinjaman Online
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
http://modalkita.com