Friday, September 22, 2017
Home > Kredit > Mengenal Plus Minus Produk KTA Bunga Rendah

Mengenal Plus Minus Produk KTA Bunga Rendah

kredit tanpa agunan

Kredit tanpa agunan atau biasa disebut KTA merupakan program perbankan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial para nasabahnya, yang membutuhkan pinjaman dana tunai dalam waktu cepat. Kredit yang tidak meminta syarat jaminan aset dari nasabahnya ini amat membantu masyarakat yang memiliki keperluan mendesak dan kebutuhan dana tunai yang harus segera dipenuhi. Sekarang ini untuk bisa mengajukan kredit tanpa agunan syaratnya amat mudah. Selain itu kebanyakan bank menawarkan keunggulan dari produknya yang satu ini yaitu KTA bunga rendah. Dengan bunga yang rendah, tentunya proses pembayaran cicilan untuk pelunasan pinjaman KTA menjadi makin mudah dipenuhi oleh para nasabah.

Namun tentu saja, tiap produk KTA memiliki keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing. Selain itu penawaran KTA bunga rendah dari masing-masing bank penyelenggara belum tentu sama. Jadi tugas Andalah yang nantinya untuk melihat dan menentukan secara bijak, produk KTA manakah yang akan diambil dan manakah yang paling sesuai dengan kondisi serta kebutuhan Anda.

Baca Juga: Info KTA Tanpa Syarat Maupun Kartu Kredit

Di kesempatan ini akan diulas tentang kelebihan dan kekurangan produk kredit tanpa agunan (KTA) secara umum, untuk bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda selaku calon nasabah. Adapun kelebihan secara umum dari produk KTA adalah:

1. Proses cepat, dimana pengajuan aplikasi pinjaman diproses dalam waktu yang tidak lama, antara 3 hari kerja sampai dengan 14 hari kerja saja.
2. Kebutuhan dokumen pengajuan pinjaman mudah dipenuhi oleh calon nasabah.
3. Limit pinjaman bisa mencapai 200 juta rupiah, sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh pihak bank.
4. Suku bunga rendah, umumnya di kisaran 0.99% per bulan atau kurang dari 12% per tahun.
5. Pilihan jangka waktu pembayaran cicilan yang fleksibel sesuai kemampuan nasabah, umumnya antara 3 tahun sampai 5 tahun masa cicilan.
6. Biaya administrasi yang rendah, bahkan ada diantaranya yang meniadakan biaya administrasi ini bagi nasabahnya.
7. Ada fitur tambahan bagi nasabah seperti asuransi jiwa atau asuransi kecelakaan, bonus diskon belanja, dan lain sebagainya.
8. Dana pinjaman sangat mudah dicairkan.

Baca Juga: Solusi Tepat Memilih KTA Bunga Rendah

Meskipun memiliki banyak keunggulan, terdapat juga beberapa kekurangan produk KTA yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Produk KTA umumnya mensyaratkan nasabahnya untuk memiliki pendapatan tetap seperti gaji, dana pensiun ataupun hasil usaha yang jelas pencatatannya. Tentunya hal ini akan sangat menyulitkan bagi para calon nasabah yang tidak bekerja secara tetap di satu perusahaan atau bagi para pengusaha pemula yang belum memiliki catatan keuangan yang terlaporkan.
2. Calon nasabah yang mengajukan aplikasi harus memiliki kartu kredit dari bank lain yang sudah aktif lebih dari 12 bulan dengan status cicilan yang baik. Sehingga bagi yang tidak memiliki kartu kredit, jangan harap bisa mengambil produk KTA ini.
3. Meskipun kebanyakan KTA menawarkan suku bunga pinjaman yang rendah, namun ternyata banyak juga produk KTA yang mensyaratkan bunga tinggi di atas 1 % per bulan bagi nasabahnya. Hal ini biasanya diterapkan di produk KTA yang memiliki banyak fitur dan manfaat tambahan yang diberikan kepada nasabah.
4. Karena dana pinjaman sangat mudah dicairkan, maka banyak nasabah menjadi terlalu mudah berlaku konsumtif dalam memakai dana tunainya.

Kelebihan dan kekurangan produk KTA diatas berbeda-beda antara produk satu bank dengan bank lainnya, sehingga Anda sebagai calon nasabah diharapkan bisa mempelajari dan mempertimbangkan dengan bijak fitur-fitur KTA bunga rendah yang dimiliki oleh masing-masing bank yang ingin Anda ikuti. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam memutuskan pilihan.