Wednesday, June 20, 2018
Home > Tips > Rahasiakan Nomor Kartu Kredit Anda

Rahasiakan Nomor Kartu Kredit Anda

pembobolan kartu kredit

Kali ini kita akan mengulas tentang pentingnya menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit. Kartu kredit sendiri merupakan salah satu fasilitas keuangan yang dikeluarkan oleh pihak perbankan untuk para nasabahnya. Tentu bagi Anda yang memanfaatkan fasilitas ini sudah merasakan bagaimana kemudahan yang diberikan oleh fasilitas kartu kredit. Bagaimana pemilik kartu kredit bisa berbelanja dengan pembayaran dilakukan dibelakang. Atau secara gampangnya bank memberikan pengguna kredit fasilitas untuk berbelanja meskipun sedang tidak punya uang. Namun, tentunya dengan jumlah limit tertentu sehingga penggunaannya tetap terkontrol dalam melakukan belanja. Kemudahan seperti itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan kartu kredit. Maka, kini makin banyak saja pengguna kartu kredit. Sayangnya, kejahatan yang terjadi terkait dengan kartu kredit juga semakin banyak dengan modus yang bermacam-macam. Fasilitas semakin canggih, kejahatan juga ikut semakin canggih.

Pembobolan Kartu Kredit secara Online

Inilah pentingnya menjaga kerahasiaan nomor pada kartu kredit Anda. Seiring perkembangan jaman, teknologi memang semakin canggih dan memudahkan manusia. Sayangnya, bukan hanya memudahkan dalam hal kebaikan saja, namun juga memudahkan dalam tindak kejahatan. Bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab, perkembangan teknologi bisa dianggap sebagai peluang untuk meraup untung secara mudah dengan merugikan orang lain. Salah satunya terjadi pada kasus pembobolan kartu kredit. Bukan karena pemilik kartu kredit kehilangan kartu kreditnya. Bahkan tanpa kartu kredit fisik pun pelaku kejahatan ini bisa tetap beraksi. Ya, dengan menggunakan nomor dari kartu kredit Anda. (Baca juga: Info Lengkap Kartu Kredit Bank BCA)

Bagaimana bisa hanya dengan nomor, kemudian seseorang bisa membobol kartu kredit? Hal tersebut bisa terjadi karena nomor dari kartu kredit Anda bukan hanya sekadar nomor biasa. Nomor sejumlah 16 digit tersebut merupakan sebuah kombinasi algoritma yang unik dan dienkripsi sedemikian rupa sehingga menjadi identitas pembeda dari masing-masing pemiliknya. Jadi, tidak ada satu pun kartu kredit yang memiliki nomor sama. Nomor tersebut memuat berbagai informasi penting dari pemiliknya yang memang diasumsikan hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Nomor dari kartu kredit juga merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam berbagai transaksi menggunakan kartu kredit misalnya saat verifikasi transaksi online. Maka, sangat mungkin jika dengan bocornya nomor dari kartu kredit Anda ke tangan orang lain maka bisa terjadi pembobolan. Bukan hanya pembobolan saja, namun lebih parah lagi identitas Anda bisa dicuri untuk melakukan kejahatan lain. Maka, penting untuk menjaga kerahasiaan 16 digit nomor yang tertera pada kartu kredit Anda.

Baca juga: Jasa Pembuatan Kartu Kredit

Cara Mengamankan Kartu Kredit Anda 

nomor kartu kredit

Merahasiakan nomor dari kartu kredit Anda hanya merupakan salah satu cara untuk mengamankannya dari tindak kejahatan. Namun, selain itu ada pula hal-hal yang harus dilakukan. Pertama, rahasiakan biodata ibu kandung, khususnya nama. Dalam berbagai urusan dengan bank biasanya nama ibu yang digunakan. Maka, jika pelaku kejahatan mengetahui nama ibu kandung atau biodata yang bisa memungkinkan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Kedua, jangan memfotokopi kartu kredit. Mungkin Anda biasa memfotokopi ktp, namun jangan sekali-kali melakukannya pada kartu kredit. Tidak ada pihak yang meminta fotokopi kartu kredit, maka untuk apa memfotokopi-nya. Pada kartu kredit terdapat nomor yang bisa menjadi jalan terjadinya tindak kejahatan. Maka, akan rawan jika fotokopi kartu kredit tersebar. Kini, Anda bisa lebih memperhatikan kerahasiaan nomor dari kartu kredit setelah mengetahui betapa pentingnya nomor tersebut. Berhati-hati saja tanpa perlu terlalu cemas. Tetaplah nyaman dalam menggunakan kartu kredit.

Zen
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
http://modalkita.com