Sunday, February 18, 2018
Home > Tips > Hindari dan Waspada Tipu Daya Rentenir

Hindari dan Waspada Tipu Daya Rentenir

waspada rentenir

Banyaknya kebutuhan dan meningkatnya harga ekonomi dari hari ke hari, membuat seseorang harus bekerja ekstra keras untuk mencukupi kebutuhannya tersebut. Sulitnya mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang turut menjadikan sulitnya memperoleh uang. Kondisi ini membuat seseorang terpaksa meminjam kepada rentenir. Ketiadaan modal dan jaminan untuk meminjam modal ke bank, membawa mereka untuk melabuhkan peminjaman kepada lintah darat. Padahal, meminjam uang kepada lintah darat dapat lebih membengkakkan hutang Anda. Suku bunga pinjaman yang merekah lebih cepat membuat Anda tercekik saat hendak mengembalikan kredit. Bagaimana pun, Anda tak bisa mengelak kondisi kecurangan tersebut karena pada dasarnya pinjam meminjam dengan lintah darat tidak didasari dengan perjanjian yang legal. Terhimpitnya kondisi perekonomian seseorang menjadi peluang bagi para lintah darat untuk mengekspansi misinya. Untuk itu, sebagai anggota masyarakat perlu bagi Anda untuk memberantas ulah lintah darah tersebut.

Cara Menghindari Jeratan Rentenir

  1. Jangan meminjam uang tanpa alasan yang kuat

Banyaknya kebutuhan terkadang mengharuskan Anda untuk meminjam uang kepada pihak lain. Dalam memenuhi setiap kebutuhan Anda tersebut, pilihlah kebutuhan yang sekiranya paling penting. Mengingat setiap pinjaman mewajibkan Anda untuk mengembalikan pada jangka waktu yang telah ditentukan, usahakan untuk tidak meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan tersier Anda. Ketika Anda terjebak pada lingkaran setan lintah darat, Anda akan merasakan kerugian yang lebih bertubi-tubi akibat tidak selektifnya Anda dalam membiayai kebutuhan penting. (Baca juga: Berikut Ini Daftar Jasa Pinjaman Uang Tanpa Jaminan)

  1. Jangan mudah menerima pinjaman seseorang

Ketika Anda mengalami kelimitan dalam finansial, tak jarang datang banyak orang yang menawarkan peminjaman uang. Jangan langsung tergiur tanpa tahu arah tujuannya. Tanyakan tujuan, jangka waktu pengembalian, hingga ada atau tidaknya bunga saat mengembalikan. Meskipun sederhana, cara tersebut adalah trik lintah darat dalam mencari mangsa. Ketika Anda yakin dan sudah mengetahui seluk beluk kredit, Anda dapat menerima pinjaman uang tersebut.

  1. Cari pinjaman dari jasa lembaga yang legal

Ketika Anda benar-benar membutuhkan uang, carilah lembaga keuangan berpayung hukum untuk mengajukan kredit. Seiring berjalannya waktu tak sedikit lembaga keuangan baik bank atau non bank yang memberikan pinjaman tanpa jaminan. Anda dapat mencoba cara tersebut untuk mengatasi permasalahan ekonomi Anda. Dengan payung hukum yang legal, Anda dapat mengetahui perjanjian, ketentuan, dan syarat yang jelas tanpa perlu khawatir terkena kecurangan oknum nakal. (Baca juga: Kredit Tanpa Agunan, Solusi Cepat Untuk Dana Kilat)

  1. Cari pinjaman dari kolega yang Anda kenal

Cara lain yang dapat Anda pilih ketika benar-benar membutuhkan dana adalah dengan meminjam uang dari orang-orang terdekat. Selain dekat dengan Anda, orang-orang tersebut pastinya terpercaya. Utamakan untuk meminjam kepada keluarga baik itu istri, kakak, adik, orang tua, ataupun mertua. Selain tidak memberikan bunga, mereka tidak akan mempersoalkan jika Anda menunggak dalam mengembalikan.

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda hendak meminjam uang kepada lintah darat. Sebagaimana yang diketahui, mereka akan memberikan bunga yang tidak wajar namun memberikan jangka waktu pengembalian yang relatif singkat. Selain itu, tidak adanya perlindungan hukum akan membuat Anda rawan untuk dimanfaatkan dengan kecurangan yang dilakukan. Pada dasarnya, mereka bertujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.  Tidak ada rentenir yang tidak mencari untung, mudahnya dana yang cair dari mereka tak akan berbanding lurus dengan kemudahan dalam mengembalikan. Agar lebih jelas, Anda dapat bertanya kepada orang lain yang sudah berpengalaman. Sekian informasi ini, semoga dapat bermanfaat.

Pinjaman Online
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
http://modalkita.com