Tuesday, November 21, 2017
Home > Keuangan > Gali Tutup Lubang, Bisakah Hutang Kita Selesai?

Gali Tutup Lubang, Bisakah Hutang Kita Selesai?

solusi masalah hutang

Bagi anda yang sering bergulat dengan hutang, anda tentu familiar dengan istilah “gali lubang-tutup lubang”. Ya, cara ini seringkali digunakan oleh orang yang sudah terhimpit tenggang waktu pembayaran hutangnya sehingga ia mencari cara tercepat untuk bisa melunasinya, yaitu dengan meminjam uang kepada pihak lain. Cara seperti ini sebenarnya bukanlah sebuah solusi menyelesaikan hutang yang efektif, malah tidak bisa dikatakan sebagai sebuah jalan keluar untuk permasalahan hutang piutang anda.

Anda hanya dapat menggunakan cara gali-tutup lubang ini dengan tujuan memperpanjang waktu anda membayar sehingga melonggarkan cekikan hutang anda sedikit. Namun, perlu saya tekankan, hal ini tidak membantu anda mengurangi jumlah hutang anda sama sekali. Oleh karena itu, janganlah menggantungkan harapan anda kepada cara ini untuk melepaskan diri dari hutang anda, karena jumlah tagihan anda tidak akan berkurang, dan bahkan ada kemungkinan bertambah besar.

Sistem gali-tutup lubang ini dapat menjerumuskan anda kedalam sumur hutang yang lebih dalam ketika anda tidak cermat dalam memilih jenis pinjaman anda. Biasanya, orang yang menggunakan sistem sudah terdesak untuk membayar tunggakannya, sehingga menyebabkan ia asal mengambil jenis pinjaman apapun yang bisa ia dapatkan tanpa mempertimbangkan hal-hal seperti bunga pinjaman atau tenggang waktu pembayaran. Hal ini dapat membuat kerugian yang sangat besar dikemudian hari, apabila tenyata produk pinjaman tersebut diluar kemampuan finansial sang kreditor.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Hemat Ringankan Beban Bayar Pinjaman Uang Di Bank

Anda juga akan dirugikan dengan tekanan yang akan dirasakan saat anda meminjam uang kepada pihak lain untuk menutupi pinjaman anda sebelumnya. Apalagi jika uang pinjaman anda hanya menutupi sebagian hutang anda sebelumnya. Anda sama saja menambah jumlah hutang anda, ketimbang melunasinya. Semakin sering cara ini anda gunakan, akan semakin banyak hutang yang menjadi beban anda. Keadaan ini pun akan membuat anda merasa bahwa hutang and tidak kunjung lunas, sehingga and frustasi dalam memikirkannya.

Hal yang paling berbahaya dari sistem gali-tutup lubang ini adalah kenyamanan sementara yang ditawarkan oleh sistem ini. Saat anda bisa melunasi hutang anda dengan meminjam lagi kepada pihak yang berbeda, ada kecenderungan anda puas dengan cara ini, dan membuat and terus bergantung kepada gali-tutup lubang ini. Sekali lagi saya ingatkan bahwa, gali-tutup lubang ini tidak membantu mengurangi hutang anda sama sekali. Jika anda merasa nyaman menggunakan cara ini, anda akan menjadi malas untuk membayar hutang dengan uang anda sendiri, dan malah cenderung membelanjakan uang anda untuk hal-hal yang tidak perlu. Akan terus seperti itu, sampai anda sadar sendiri bahwa hutang anda malah semakin bertumpuk dan menenggelamkan anda. Ada beberapa contoh pebisnis yang bangkrut usahakanya karena terlalu asik memainkan uangnya dengan cara ini. anda tentu tidak ingin menjadi salah satu dari mereka, kan?

Menggunakan sistem gali-tutup lubang memang bukan solusi menyelesaikan hutang yang baik, namun bukan berarti anda tidak boleh memanfaatkannya untuk keperluan anda. Selama anda paham tentang apa tujuannya dan memperhatikan hal-hal diatas, anda tentu tidak akan salah dalam mengambil keputusan untuk meminjam uang. perhatikanlah dengan baik kepada siapa dan jenis pinjaman apa yang anda gunakan, sehingga anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Pinjaman Online
Modalkita.com membantu solusi keuangan anda dengan memberikan referensi perusahaan jasa finansial terbaik di Indonesia
http://modalkita.com