Friday, September 22, 2017
Home > Pinjaman > 5 Tips Hidup Hemat Ringankan Beban Bayar Pinjaman Uang di Bank

5 Tips Hidup Hemat Ringankan Beban Bayar Pinjaman Uang di Bank

pinjaman uang di bank

Ada sekian usaha untuk membantu tetap hidup aman dan nyaman meski masih memiliki tanggungan pembayaran pinjaman uang di bank. Hidup dengan adanya pinjaman sejumlah uang di bank memang lumayan sulit untuk tetap merasa nyaman. Sebab perlahan akan sangat terasa berapa jumlah uang yang dikeluarkan setiap bulannya untuk cicilan hutang tersebut. Akan muncul harapan jika tidak ada pinjaman maka bisa digunakan untuk kebutuhan lain, berlibur ke pantai misalnya.

Rencanakan Hidup Hemat

Melancarkan usaha membayar cicilan hutang dengan baik tentu butuh usaha yang tidak sebentar sejalan dengan masa pembayaran pinjaman tersebut. Usahakan saat memutuskan mengambil pinjaman mencoba untuk hidup lebih hemat. Usaha menurunkan biaya pengeluaran ini akan membantu meringankan beban membayar cicilan hutang. Pasalnya akan ada dana yang tersisa meski kebutuhan utama sudah dipenuhi sehingga bisa dipakai untuk membayar pinjaman yang sudah diambil dan dimanfaatkan.

Baca Juga: Solusi Tepat Memilih KTA Bunga Rendah

Belajar untuk hidup hemat memang tidak selalu mudah dilakukan namun wajib dicoba supaya hutang di bank tidak keteteran. Membantu memudahkan menekan biaya bulanan maka bisa mencoba beberapa usaha berikut:

  • Usahakan menyimpan kartu transaksi jenis apapun,

Kartu transaksi elektronik seperti kartu ATM dan kartu kredit baiknya disimpan dengan baik dan tidak digunakan untuk sementara waktu. Kecuali penggunaan kartu ATM untuk mengambil uang bulanan maka selebihnya disimpan lagi. Penyimpanan ini membantu menekan pemakaiannya untuk belanja yang tidak perlu.

  • Memangkas kebutuhan rutin yang tidak perlu,

Buatlah daftar kebutuhan rutin yang menjadi sumber pengeluaran bulanan, kemudian kenali mana yang termasuk kebutuhan primer dan sekunder. Pisahkan antara kebutuhan primer dengan sekunder, supaya bisa ditentukan mana yang bisa dihapus. Kebutuhan primer tentu lebih sulit untuk dipangkas beberapa diantaranya namun tidak dengan pengeluaran sekunder. Kurangi belanja barang kebutuhan sekunder bila perlu dihapus sama sekali sehingga pinjaman uang berapapun angsurannya mudah dibayarkan tepat waktu.

  • Membiasakan diri untuk makan di rumah,

Terkadang keluarga yang tidak memiliki hutang akan mudah mengeluarkan banyak uang bahkan untuk kebutuhan konsumsi. Makan di restoran setiap hari kadang menjadi budaya yang tentu saja menelan banyak biaya. Berhubung ada hutang maka kendalikan dan batasi keinginan makan diluar rumah. Pertimbangkan menikmati masakan rumahan dari dapur sendiri sebab budget yang dikeluarkan lebih terbatas. Apalagi jika memilih bahan masakan yang ternyata tidak murah maka akan lebih hemat lagi.

  • Kenali berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran,

Menghindari kecolongan anggaran belanja rumah tangga maka ada baiknya membuat susunan daftar jumlah pengeluaran dan pemasukan. Kita akan lebih mudah melihat mana yang lebih besar antara keduanya, sehingga bisa memutuskan tindakan terbaik yang bisa diambil. Apabila pengeluaran lebih kecil namun terpaut kecil dengan total pemasukan maka wajib berhemat. Apabila pengeluaran lebih besar maka perlu dipangkas sebagian besarnya supaya cicilan bisa dibayarkan secara rutin.

Baca Juga: Berikut Ini Daftar Jasa Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

  • Tahan keinginan bersenang-senang dengan liburan jauh,

Semua orang tentu menginginkan sebuah liburan untuk menikmati hasil kerja kerasnya, sehingga bisa hidup seperti keluarga raja. Akan tetapi dengan adanya hutang di bank maka baiknya tidak mudah tergiur pergi berlibur. Apalagi jika penghasilan yang diterima hanya menyisakan sedikit dana maka baiknya dihapus sama sekali. Bersabar dulu sampai hutang di bank lunas baru bisa berlibur panjang ke lokasi wisata menarik dan cukup jauh. Sementara ini ditahan dulu untuk mengurus masalah pinjaman uang di bank sampai lunas.